Rabu, 20 Januari 2010

Sambutan Dubes Australia

Dubes Australia Sambut MoU FFA-PSSI

Foto: pssi-football.com

SYDNEY - Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara Federasi Sepakbola Australia (FFA) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang ditandatangani belum lama ini mendapat tanggapan positif Duta Besar Australia Bill Farmer. Dia berharap, perjanjian ini semakin memuluskan kerjasama kedua negara.

Ya, 16 Januari lalu, FFA dan PSSI sepakat menandatangani perjanjian guna mempererat kerjasama dalam bidang persepakbolaan. Perjanjian itu ditandatangani oleh ketua FFA Frank Lowy dan ketua umum PSSI Nurdin Halid.

Nota Kesepahaman itu menyebutkan bahwa Indonesia dan Australia sepakat untuk bekerja sama dalam pencalonan masing-masing pihak sebagai tuan rumah Piala Dunia. Australia mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia pada 2018 atau 2022. Sementara, Indonesia berharap bisa menjadi tuan rumah pesta akbar sepakbola pada 2022.

Selain itu, Nota Kesepahaman tersebut juga memberi kerangka untuk kerja sama antara Australia dan Indonesia di berbagai bidang, termasuk pendidikan pelatih, pengembangan pemain berbakat, serta sepakbola wanita.

Menanggapi kesepakatan tersebut, Dubes Farmer mengaku antusias. "Penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan contoh kerja sama erat yang terus berlangsung antara Indonesia dan Australia," demikian ungkapnya sebagaimana dilansir rilis Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, Rabu (20/1/2010).

"Nota Kesepahaman itu tidak hanya memperkukuh sepakbola di kedua negara, namun juga memberi kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan hubungan antara warga Indonesia dan Australia," lanjut Dubes Farmer.

Tahun lalu, Kedutaan Besar Australia menyelenggarakan klinik pelatihan untuk para pelajar di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan menghadirkan sejumlah pemain nasional Australia yang hadir untuk menghadapi Tim Merah Putih dalam babak penyisihan Piala Asia.

Kini, FFA akan menjadi tuan rumah bagi para ofisial Indonesia pada kualifikasi Piala Asia AFC 2011 di Brisbane, 3 Maret mendatang. Ini merupakan laga kualifikasi terakhir bagi kedua tim, dimana Indonesia telah dipastikan tercoret dari kompetisi akibat tidak berhasil membukukan kemenangan dalam lima laga yang dilakoni.
(van)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar Isi

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites