Rabu, 20 Januari 2010

Penemuan Baru NASA

NASA Temukan Molekul Organik di Sekitar Planet Baru


NASA Temukan Molekul Organik di Sekitar Planet Baru
foto: google
NASA terus mengembangkan berbagai penelitian tentang usaha menemukan sebuah planet baru yang hampir mirip dengan karakteristik yang dimilki oleh Bumi. Menurut NASA, di luar sana ada sebuah planet yang dapat memiliki fungsi kehidupan seperti yang ada di Bumi ini.

Sehingga apabila Bumi kita ini telah rusak, maka kita dapat berpindah tempat ke Planet-Planet lain yang seperti Planet Bumi (terdapat kehidupan). Akirnya NASA pun telah menemukan sebuah Planet baru.

“Ini kedua planet di luar tata surya kita di mana air, metana dan karbon dioksida telah ditemukan, yang berpotensi penting bagi proses-proses biologi di planet layak huni,” kata peneliti Mark Swain NASA’s Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, California.

Untuk menemukan planet itu, Swain dan rekan peneliti menggunakan data dari dua orbit Observatorium Besar NASA, Teleskop Ruang Angkasa Hubble dan Spitzer Space Telescope, untuk mempelajari HD 209458b yang berkeadaan panas. Planet gas raksasa itu lebih besar dari Jupiter yang mengorbit matahari seperti bintang pada jarak sekitar 150 tahun cahaya jauhnya.

Deteksi itu dilakukan melalui spektroskopi, yang membagi cahaya ke dalam komponen untuk mengungkapkan spektrum setiap peak/keadaan khas dari berbagai bahan kimia.

“Dengan adanya bantuan teknik spektroskopi ini, kita dapat mendeteksi molekul yang penting bagi proses kehidupan,” kata Swain. Data dari kamera Hubble tersebut spektrometer telah menunjukkan keberadaan molekul, dan data dari Spitzer’s Photometer telah diketahui jumlah mereka. (opie/curvatech)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar Isi

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites