Kamis, 04 Februari 2010

Iran Luncurkan Roket Kavoshgar-3 Diisi Makhluk Hidup

PE:UNCURAN ROCKET IRAN

[ Kamis, 04 Februari 2010 ]
Iran Luncurkan Roket Kavoshgar-3 Diisi Makhluk Hidup
IRAN menunjukkan keseriusannya menggarap program luar angkasa. Negeri para mullah itu untuk kali pertama kemarin (3/2) meluncurkan roket disertai makhluk hidup. Di dalam Kavoshgar-3 atau disebut juga Explorer-3 yang diluncurkan di Farsi itulah, seekor tikus, dua kura-kura, dan selusin hewan lain seperti ulat ditempatkan di dalam kapsul untuk diterbangkan ke luar angkasa.

''Iran sukses meluncurkan roket Kavoshgar-3 buatan domestik,'' tulis Press TV seperti dilansir Reuters kemarin (03/02).

Press TV melaporkan, Iran meluncurkannya untuk tujuan penelitian ilmu pengetahuan. Namun, menurut Associated Press, Menteri Pertahanan Jenderal Ahmad Vahidi yang mengumumkan peluncuran itu tak menjelaskan secara rinci tujuan penelitian. Dia juga tak memberi tahu apakah roket tersebut telah menyentuh orbit atau belum.

Peluncuran Kavoshgar-3 memunculkan kekhawatiran negara Barat. Diduga, roket yang memakai teknologi balistik jarak jauh itu dapat membawa bom nuklir ataupun bahan peledak lainnya.

Pada hari yang sama, sekaligus untuk menandai Hari Angkasa Luar Nasional, Iran juga meluncurkan Simorgh. Roket berbobot 100 kilogram itu dapat meluncur hingga 500 kilometer dari permukaan bumi.

Negeri penghasil minyak terbesar kelima di dunia itu berhasil meluncurkan satelit buatan sendiri, Hope atau Ormid, di Farsi setahun lalu.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar Isi

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites