Senin, 30 Agustus 2010

Efek Blogging Bagi Motivasi Diri


Apa yang anda pikirkan saat orang bertanya kepada anda tentang pertanyaan seperti ini? apa efek blogging terhadap motivasi diri? tentunya jika anda bukan seorang blogger, tidak akan ambil pusing dengan pertanyaan diatas, mungkin anda langsung menjawab "ngeblog tidak memberikan efek apa-apa terhadap motivasi diri saya sob".

Mungkin begitu lah kira-kira jawabannya, tapi jika seseorang itu bertanya kepada saya, saya akan menjawab bahwa blogging sangat memberikan efek terhadap motivasi diri saya, meskipun efek tersebut tak selamanya positif karena pada dasarnya segala sesuatu selalu menimbulkan dampak positif maupun negatif.
Ngeblog atau blogging sangat memberikan efek yang sampai saat ini saya nilai lebih banyak positifinya daripada negatifnya, dari mulai belajar menulis, berbagi sesuatu yang saya anggap bermanfaat, menambah teman, hingga mempelajari sesuatu yang sangat baru buat saya, yakni SEO atau Search Engine Optimation. Nah untuk yang terakhir saya gak mau bahas disini sebenarnya bukannya gak mau, tapi gak bisa :O jadi saya mau bahas yang manfaat-manfaat sebelumnya aja, yakni belajar menulis, berbagi hal yang bermanfaat sampai mendapatkan teman yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Okelah kita mulai dari peranyaan awal lagi, apa efek blogging terhadap motivasi diri anda? 

Efek pertama >> Saya bisa belajar menulis dan mengungkapkan apa yang saya rasakan, saya alami dan saya dengar kepada publik dengan harapan dapat memperoleh feedback untuk dijadikan acuan tindakan berikutnya agar lebih baik. Dan menulis disini bukan hanya sekedar menulis karena dunia blogging pada dasarnya juga punya etika dan estetika sebagai pembatas terhadap kebebasan berekspresi dari setiap blogger, meskipun sejatinya tidak ada peraturan yang memberikan batasan-batasan tersebut, kecuali UU ITE yang agak karet sama RPM konten Multimedia beberapa waktu lalu

Efek kedua >> Yang ini sedikit nyambung dari apa yang saya tulis di point 1, efek blogging yang satu ini lebih berdasar pada keinginan untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat menurut saya dan tentu sesuatu tersebut ingin saya jadikan pokok pembahasan dalam pembicaraan untuk sesama blogger yang lain, maupun pengguna internet yang ingin memberikan masukannya terhadap apa yang saya tulis tersebut, contohnya saya pernah menulis tentang meledaknya tabung gas lpg beberapa waktu yang lalu. Dan di akhir postingan saya memberikan feedback berupa pertanyaan pancingan untuk didiskusikan kepada pembaca sekalian dengan memberikan komentar di kotak komentar, dan Alhamdulillah lumayan juga yang memberikan respons :@

Efek ketiga >> Yang jelas aktivitas blogging sangat memberikan efek terhadap motivasi diri untuk selalu berbenah dan memperbaiki diri. Hal itu dikarenakan banyaknya pengalaman dari kawan-kawan blogger lain yang bisa diambil pelajaran maupun petuah yang bersifat teknik dapat saya ambil dari aktivitas blogging itu sendiri.saya kira hal tersebut cocok dengan apa yang saya sebut dari manfaat blogging nomor tiga. Yakni bertambahnya teman dari berbagai nusantara, bahkan berbagai penjuru dunia meski saya jarang sekali, bahkan belum pernah sekalipun ngobrol sama rekan-rekan blogger yang dari negara lain . Tidak ada batasan ruang dan waktu yang dapat membelenggu jalinan pertemanan antara blogger yang satu dengan yang lain, babkan tak jarang suatu masalah bisa dicarikan solusi bersama saat anda berada di komunitas sesama blogger yang anda ikuti.

Nah itu ketiga efek blogging terhadap motivasi diri menurut saya, tentunya dengan berprinsip pada segala sesuatunya pasti menimbulkan efek positif dan negatif, tampaknya sampai saat ini seperti yang saya bilang bahwa efek blogging masih lebih banyak positif ketimbang negatifnya, jadi untuk sementara saya sudahi dulu cerita ini, dan Insya Allah saya lanjutkan untuk mengulas efek blogging terhadap motivasi diri yang lain, tentunya dari sisi yang negatif.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar Isi

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites